Penerimaan CPNS K2 2014

 Pengumuman Penerimaan CPNS 2014 Berbagai Kementerian Lengkap

Selain pendaftaran CPNS K1, saat ini ada pula pendaftaran CPNS K2. Pegawai negeri sipil K1 dan K2 adalah tenaga honorer yang pengangkatannya dilakukan oleh pejabat dan pembina kepegawaian dalam instansi dan lembaga pemerintahan. Tugas tenaga honorer tersebut merupakan tugas khusus yang tidak dapat dijalankan oleh pegawai negeri lainnya.

Penghasilan tenaga-tenaga honorer tersebut merupakan beban dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Keberadaan para tenaga honorer tersebut bukanlah hal baru karena ini sudah dimulai sejak tahun 2005, namun demikian masih banyak orang yang belum memahami perbedaan tenaga honorer kategori 1 atau yang biasa disingkat menjadi K1 dan juga kategori 2 atau K2.

honorer

Tenaga honorer K1 adalah tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai oleh APBD atau APBN. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah PAN – RB Nomor 5 tahun 2010, tenaga honorer K1 merupakan orang yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan sejak tanggal 1 Januari 2005 tanpa adanya pemberhentian sampai saat ini ataupun bekerja secara terus menerus.

Para tenaga honorer K1 ini memiliki peluang yang cukup tinggi untuk dapat diangkat langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil. Sedangkan tenaga honorer K2 adalah tenaga honorer yang mulai pekerja mulai periode yang sama, yaitu 1 Januari 2005 namun tidak bekerja secara terus-menerus. Untuk pembiayaannya, tenaga honorer K2 tidak mendapatkan upah yang berasal dari APBD atau APBN. Selain itu, tenaga honorer K2 harus melalui tes terlebih dahulu sebelum dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Jika dalam pekerjaan sehari-hari pekerja honorer K1 dianggap kurang mampu atau telah melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ada, maka bisa saja tenaga honoer tersebut kemudian diturunkan statusnya menjadi tenaga honorer K2, sehingga kesempatannya untuk menjadi pegawai negeri berurang. Saat ini keberadaan mereka sedang ditinjau ulang dan dipertimbangkan untuk dialihkan statusnya menjadi pegawai kontrak. Pegawai kontrak memiliki gaji serta tunjangan yang sama dengan pegawai negeri sipil namun pegawai kontrak tidak memiliki hak untuk menerima uang pensiun.

Belum lama ini, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau yang biasa disingkat menjadi KemenPAN – RB juga telah menggelar tes penerimaan ulang bagi para tenaga honorer K2 yang sempat gagal ujian untuk menjadi calon pegawai negeri sipil. Sebelumnya telah dilakukan ujian calon pegawai negeri sipil yang telah berhasil menyeleksi sejumlah 1959 tenaga honorer K2 untuk menjadi.

Namun demikian, berdasarkan beberapa temuan hasil verifikasi, pemerintah menyatakan perlunya seleksi ulang. Seleksi ulang tersebut dilakukan karena masih adanya formasi yang kosong. Hal ini terjadi karena telah ditemukan tenaga honorer bodong yang ikut dan lolos dalam seleksi, oleh karenanya mereka dianulir dan dilakukan seleksi ulang bagi semua tenaga honorer K2 asli yang belum lulus ujian.

Info Lengkap Lowongan CPNS 2014

Daftar Formasi CPNS 2014

Informasi Penerimaan CPNS 2014 Update Terbaru

Pendaftaran Online Cpns panselnas.menpan.go.id

Info Cpns Kementerian dan Non Kementerian

Kumpulan Berbagai Info CPNS Online 2014

Update Terbaru Pengumuman Hasil CPNS Online 2014

Tata Cara Pendaftaran CPNS

Kisi-Kisi Soal CPNS Paling Lengkap

Info Simulasi CAT CPNS 2014

Penerimaan CPNS K2 2014

Related Posts